Tempat Wisata di Mumbai India yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Mumbai India yang Wajib Dikunjungi

Mumbai atau juga biasa dikenal dengan nama Bombay merupakan kota terbesar dan tersibuk di India. Mumbai merupakan kota yang menarik, karena Mumbai memiliki banyak budaya baik dari peninggalan zaman kolonial maupun perpaduan antara beragam masyarakat India. Tidak heran jika Mumbai sangatlah padat penduduk. Mumbai juga dikenal dengan Kota Bollywood.

Mumbai India

Mumbai India

Kebanyakan orang berkunjung ke India untuk mengunjungi Tempat Wisata di New Delhi India dan Tempat Wisata Alam di India yang mayoritas terletak di Delhi, Agra, dan Jaipur, namun tidak ada salahnya jika kita juga mapir di Mumbai. Meskipun destinasi wisatanya masih kalah dengan New Delhi dan tempat wisata lain, namun banyak pilihan transportasi yang harganya cukup terjangkau.

Berikut beberapa destinasi wisata di Mumbai :

1. Chhatrapati Shivaji Terminus

Chhatrapati Shivaji Terminus atau Victoria Terminus adalah stasiun kereta pertama di India. Namun, bangunan dengan gaya arsitektur Victorian Gothic dan dipadukan dengan tema arsitektur tradisional India ini masih berdiri kokoh. Didesain oleh arsitek asal Inggris yaitu F. W. Stevens yang kemudian menjadi ikon kota Mumbai sebagai Gorhic City dan pada akhirnya kota ini menjadi pelabuhan Internasional utama di India. Stasiun ini dibangun selama kurang lebih 10 tahun, dimulai dari tahun 1878. Stasiun ini setiap harinya menampung sekitar 3 juta penumpang, oleh karena itu, Victoria Terminus merupakan salah satu stasiun tersibuk di dunia.

Chhatrapati Shivaji Terminus

Chhatrapati Shivaji Terminus

2. Horniman Circle

Horniman merupakan nama dari benjamin Horniman yaitu seorang editor dari koran Bombay Cronicle yang telah mendukung kemerdekaan India. Tempat ini merupakan tempat yang indah. Di kawasan ini terdapat bangunan bergaya kolonial, selain itu juga terdapat taman teduh dengan bangku yang sangat nyaman untuk beristirahat.

Horniman Circle

Horniman Circle

3. Rajabai Clock Tower

Menara jam ini berada di University of Mumbai. Menara setinggi 83 meter ini didesain oleh seorang arsitek Inggris yaitu Sir George Gilbert Scott, dalam desainnya, dia mengikuti model Big Ben di London. Rajabai Clock Tower mulai dibangun pada 1 Maret 1869 dan selesai pada bulan November 1878, sehingga umurnya sudah lebih dari 1 abad.

Rajabai Clock Tower

Rajabai Clock Tower

4. Jehangir Art Gallery

Galeri Seni Jehangir ini dibangun pada tahun 1952. Bangunan ini bergaya klasik dengan budaya sosialis 1970an. Bangunan ini berada di kawasan Kala Golda yang merupakan kawasan yang juga berdiri bangunan-bangunan bersejarah. Bangunan di seberangnya juga sangat menarik perhatian yaitu Elphinstone College, David Sassoon Library & Reading Room, dan National Gallrey of Modern Art. Bangunan ini juga dekat dengan Chhatrapati Shiva

Jehangir Art Gallery

Jehangir Art Gallery

5. Colaba Causeway

Colaba Causeway hampir sama dengan pasar tradisional di kota-kota besar di Asia. Pemandangannya juga hampir sama dengan “Little India” yang bisa ditemukan di Singapura atau Kuala Lumpur. Di sini merupakan tempat yang tepat untuk berburu oleh-oleh, namun harus pintar tawar menawar dengan pedagang.

Colaba Causeway

Colaba Causeway

6. Gateway of India

Gateway of India juga termasuk landmark iconic Mumbai. Monumen yang tingginya 26 meter ini dibangun pada abad ke-20. terletak di perairan Apollo Bunder. Monumen ini menghadap langsung ke Laut Arab. Sebelum dibangun monumen, tempat ini dulu merupakan pelabuhan yang digunakan warga yang bekerja sebagai nelayan. Setelah itu direnovasi dan digunakan sebagai pelabuhan para gubernur Inggris dan orang-orang penting. Gateway merupakan bangunan pertama yang akan dilihat oleh para wisatawan ketika akan berlabuh di Mumbai. Bangunan ini juga dijuluki sebagai Taj Mahal-nya Mumbai.

Gateway of India

Gateway of India

7. Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya

Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya merupakan sebuah bangunan bergaya Indo-Saracenic dan dikelilingi taman yang indah. Bangunan ini merupakan museum besar di India yang menyimpan 50.000 artefak yang menakjubkan. Pameran tersebut menghidupkan kembali abad silam yang meliputi seni, arkeologi, dan sejarah alam.

Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya

Chhatrapati Shivaji Maharaj Vastu Sangrahalaya

8. Flora Fountain Mumbai

Bangunan ini merupakan sebuah tugu yang bagian tengahnya terdapat air mancur dengan bentuk yang sangat unik. Tugu ini didirikan pada 1864 yang bertujuan memberikan penghormatan kepada Sir Bartle Frere, seorang tokoh yang menjabat sebagai gubernur di Kota Mumbai pada tahun 1864 dan juga telah memberikan penataan kembali keindahan kawasan Fort, Mumbai.

Flora Fountain Mumbai

Flora Fountain Mumbai

9. Goa Elephanta

Goa Elephanta merupakan salah satu goa yang bercerita tentang peradaban kebudayaan agama Hindu yang merupakan salah satu agama tertua di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa situs sejarah yang terdapat di Goa Elephanta. Bangunan ini diperkirakan berusia sudah lebih dari 12 abad. Bahkan beberapa arkeolog juga berpendapat bahwa candi tersebut dibangun sebelum Masehi. Candi tersebut dahulu digunakan sebagai sarana kegiatan agama umat Hindu yang merupakan agama terbesar di India.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s